SALINAN
PERATURAN
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
REPUBLIK INDONESIA
NOMOR 26 TAHUN 2008
TENTANG
STANDAR TENAGA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL,
Menimbang
: bahwa
dalam rangka pelaksanaan Pasal 35 ayat (2) Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun
2005 tentang Standar Nasional Pendidikan perlu menetapkan Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/ Madrasah;
Mengingat
: 1.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41, Tambahan Lembaran
Negara Republik Indonesia Nomor 4496);
2. Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2005 tentang
Kedudukan, Tugas, Fungsi, Susunan Organisasi, dan Tata Kerja Kementerian Negara
Republik Indonesia sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan
Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 94 Tahun 2006;
3. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor
187/M Tahun 2004 mengenai Pembentukan Kabinet Indonesia Bersatu sebagaimana
telah beberapa kali diubah terakhir dengan Keputusan Presiden Republik
Indonesia Nomor 31/P Tahun 2007;
SALINAN
LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
NOMOR 26 TAHUN 2008 TANGGAL 11 JUNI 2008
STANDAR TENAGA LABORATORIUM SEKOLAH/MADRASAH
A.
KUALIFIKASI
1.
Kepala Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi kepala laboratorium Sekolah/Madrasah
adalah sebagai berikut:
a. Jalur guru
1)
Pendidikan minimal sarjana (S1);
2)
Berpengalaman minimal 3 tahun sebagai pengelola
praktikum;
3)
Memiliki
sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau
lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
b. Jalur laboran/teknisi
1)
Pendidikan minimal diploma tiga (D3);
2)
Berpengalaman minimal 5 tahun sebagai laboran
atau teknisi;
3)
Memiliki
sertifikat kepala laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau
lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
2.
Teknisi Laboratorium Sekolah/Madrasah
Kualifikasi teknisi laboratorium
sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a.
Minimal lulusan program diploma dua (D2) yang
relevan dengan peralatan laboratorium, yang diselenggarakan oleh perguruan
tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah;
b.
Memiliki
sertifikat teknisi laboratorium sekolah/madrasah dari perguruan tinggi atau
lembaga lain yang ditetapkan oleh pemerintah.
3.
Laboran Sekolah/Madrasah
Kualifikasi
laboran sekolah/madrasah adalah sebagai berikut:
a.
Minimal lulusan program diploma satu (D1) yang
relevan dengan jenis laboratorium, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi
yang ditetapkan oleh pemerintah;
b. Memiliki sertifikat laboran sekolah/madrasah
dari perguruan tinggi yang ditetapkan oleh pemerintah.
1
B.
KOMPETENSI
1. Kompetensi Kepala Laboratorium
Sekolah/Madrasah
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
|||
KOMPETENSI
|
|||||
1. Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
||
Kepribadian
|
sebagai
pribadi
|
konsisten
sesuai dengan
|
|||
yang dewasa,
|
norma agama,
hukum,
|
||||
mantap, dan
|
sosial, dan
budaya
|
||||
berakhlak
mulia
|
nasional
Indonesia
|
||||
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
||||
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
||||
1.1.4
|
Menunjukkan
|
||||
kemandirian
|
|||||
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
||||
percaya diri
|
|||||
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
||||
kemampuan
diri
|
|||||
1.2
|
Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
||
komitmen
terhadap
|
|||||
1.2.2
|
Beretos kerja yang tinggi
|
||||
tugas
|
|||||
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
||||
terhadap
tugas
|
|||||
1.2.4
|
Tekun, teliti, dan hati-hati
|
||||
dalam
melaksanakan
|
|||||
tugas
|
|||||
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
||||
memecahkan
masalah
|
|||||
yang
berkaitan dengan
|
|||||
tugas
profesinya
|
|||||
1.2.6
|
Berorientasi pada
|
||||
kualitas
|
|||||
2. Kompetensi
|
2.1
|
Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
|
Sosial
|
dalam
pelaksanaan
|
kelemahan
baik diri
|
|||
tugas
|
maupun
stafnya
|
||||
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
||||
tentang pihak
lain yang
|
|||||
dapat diajak
kerja sama
|
|||||
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
||||
berbagai
pihak secara
|
|||||
efektif
|
|||||
2
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
|||
KOMPETENSI
|
|||||
2.2
|
Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi
dengan
|
||
secara lisan
dan
|
berbagai
pihak secara
|
||||
tulisan
|
santun,
empatik, dan
|
||||
efektif
|
|||||
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
||||
peralatan
teknologi
|
|||||
informasi dan
|
|||||
komunikasi
(TIK)
|
|||||
3. Kompetensi
|
3.1 Merencanakan
|
3.1.1
|
Menyusun rencana
|
||
Manajerial
|
kegiatan dan
|
pengembangan
|
|||
pengembangan
|
laboratorium
|
||||
laboratorium
|
3.1.2
|
Merencanakan
|
|||
sekolah/madrasah
|
pengelolaan
|
||||
laboratorium
|
|||||
3.1.3
|
Mengembangkan sistem
|
||||
administrasi
|
|||||
laboratorium
|
|||||
3.1.4
|
Menyusun prosedur
|
||||
operasi
standar (POS)
|
|||||
kerja laboratorium
|
|||||
3.2
|
Mengelola kegiatan
|
3.2.1
|
Mengkoordinasikan
|
||
laboratorium
|
kegiatan
praktikum
|
||||
sekolah/madrasah
|
dengan guru
|
||||
3.2.2
|
Menyusun jadwal
|
||||
kegiatan
laboratorium
|
|||||
3.2.3
|
Memantau pelaksanaan
|
||||
kegiatan laboratorium
|
|||||
3.2.4
|
Mengevaluasi kegiatan
|
||||
laboratorium
|
|||||
3.2.5
|
Menyusun laporan
|
||||
kegiatan
laboratorium
|
|||||
3.3
|
Membagi tugas
|
3.3.1
|
Merumuskan rincian
|
||
teknisi dan
laboran
|
tugas teknisi
dan laboran
|
||||
laboratorium
|
3.3.2
|
Menentukan jadwal kerja
|
|||
sekolah/
madrasah
|
teknisi dan
laboran
|
||||
3.3.3
|
Mensupervisi teknisi dan
|
||||
laboran
|
|||||
3.3.4
|
Membuat laporan secara
|
||||
periodik
|
|||||
3
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
|||
KOMPETENSI
|
|||||
3.4
|
Memantau
sarana
|
3.4.1
|
Memantau
kondisi dan
|
||
dan prasarana
|
keamanan
bahan serta
|
||||
laboratorium
|
alat
laboratorium
|
||||
sekolah/madrasah
|
3.4.2
|
Memantau kondisi dan
|
|||
keamanan
bangunan
|
|||||
laboratorium
|
|||||
3.4.3
|
Membuat laporan
|
||||
bulanan dan
tahunan
|
|||||
tentang
kondisi dan
|
|||||
pemanfaatan
|
|||||
laboratorium
|
|||||
3.5
|
Mengevaluasi
|
3.5.1
|
Menilai kinerja teknisi
|
||
kinerja
teknisi dan
|
dan laboran
laboratorium
|
||||
laboran serta
|
3.5.2
|
Menilai hasil kerja teknisi
|
|||
kegiatan
|
dan laboran
|
||||
laboratorium
|
|||||
3.5.3
|
Menilai kegiatan
|
||||
sekolah/madrasah
|
laboratorium
|
||||
3.5.4
|
Mengevaluasi program
|
||||
laboratorium
untuk
|
|||||
perbaikan
selanjutnya
|
|||||
4. Kompetensi
|
4.1 Menerapkan
|
4.1.1
|
Mengikuti
|
||
Profesional
|
gagasan,
teori, dan
|
perkembangan
|
|||
prinsip
kegiatan
|
pemikiran
tentang
|
||||
laboratorium
|
pemanfaatan
kegiatan
|
||||
sekolah/madrasah
|
laboratorium
sebagai
|
||||
wahana
pendidikan
|
|||||
4.1.2
|
Menerapkan hasil
|
||||
inovasi atau
kajian
|
|||||
laboratorium
|
|||||
4.2 Memanfaatkan
|
4.2.1
|
Menyusun
|
|||
laboratorium
untuk
|
panduan/penuntun
|
||||
kepentingan
|
(manual)
praktikum
|
||||
pendidikan dan
|
4.2.2
|
Merancang kegiatan
|
|||
penelitian di
|
laboratorium
untuk
|
||||
sekolah/madrasah
|
pendidikan
dan
|
||||
penelitian
|
|||||
4.2.3
|
Melaksanakan kegiatan
|
||||
laboratorium
untuk
|
|||||
kepentingan
pendidikan
|
|||||
dan
penelitian
|
|||||
4
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
||||
4.2.4
|
Mempublikasikan
karya
|
|||
tulis ilmiah
hasil
|
||||
kajian/inovasi
|
||||
4.3 Menjaga kesehatan
|
4.3.1
|
Menetapkan ketentuan
|
||
dan
keselamatan
|
mengenai
kesehatan
|
|||
kerja di
|
dan
keselamatan kerja
|
|||
laboratorium
|
4.3.2
|
Menerapkan ketentuan
|
||
sekolah/madrasah
|
mengenai
kesehatan
|
|||
dan
keselamatan kerja
|
||||
4.3.3
|
Menerapkan prosedur
|
|||
penanganan
bahan
|
||||
berbahaya dan
beracun
|
||||
4.3.4
|
Memantau bahan
|
|||
berbahaya dan
beracun,
|
||||
serta
peralatan
|
||||
keselamatan
kerja
|
||||
2. Kompetensi
Teknisi Laboratorium Sekolah/Madrasah
|
||||
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
||||
1. Kompetensi
|
1.1 Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak secara
|
|
Kepribadian
|
sebagai
pribadi
|
konsisten
sesuai dengan
|
||
yang dewasa,
|
norma agama,
hukum,
|
|||
mantap, dan
|
sosial, dan
budaya
|
|||
berakhlak
mulia
|
nasional
Indonesia
|
|||
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|||
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|||
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|||
kemandirian
|
||||
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|||
percaya diri
|
||||
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
|||
kemampuan
diri
|
||||
1.2 Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
||
komitmen terhadap
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang tinggi
|
||
tugas
|
||||
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|||
terhadap
tugas
|
||||
5
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
||||
1.2.4 Tekun, teliti, dan hati-
|
||||
hati dalam
|
||||
melaksanakan
tugas
|
||||
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|||
memecahkan
masalah
|
||||
yang
berkaitan dengan
|
||||
tugas
profesinya
|
||||
1.2.6
|
Berorientasi pada
|
|||
kualitas
|
||||
2. Kompetensi
|
2.1 Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
|
Sosial
|
dalam
pelaksanaan
|
kelemahan
diri
|
||
tugas
|
||||
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|||
tentang pihak
lain yang
|
||||
dapat diajak
kerja sama
|
||||
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
|||
berbagai
pihak secara
|
||||
efektif
|
||||
2.2 Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
||
secara lisan
dan
|
berbagai
pihak secara
|
|||
tulisan
|
santun,
empatik, dan
|
|||
efektif
|
||||
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
|||
peralatan TIK
untuk
|
||||
berkomunikasi
|
||||
3. Kompetensi
|
3.1 Merencanakan
|
3.1.1
|
Merencanakan
|
|
Administratif
|
pemanfaatan
|
kebutuhan
bahan,
|
||
laboratorium
|
peralatan,
dan suku
|
|||
sekolah/madrasah
|
cadang
laboratorium
|
|||
3.1.2
|
Memanfaatkan katalog
|
|||
sebagai acuan
dalam
|
||||
merencanakan
bahan,
|
||||
peralatan,
dan suku
|
||||
cadang
laboratorium
|
||||
3.1.3
|
Membuat daftar bahan,
|
|||
peralatan,
dan suku
|
||||
cadang yang
diperlukan
|
||||
laboratorium
|
||||
6
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
||||
3.1.4
|
Merencanakan
|
|||
kebutuhan
bahan dan
|
||||
perkakas
untuk
|
||||
perawatan dan
|
||||
perbaikan
peralatan
|
||||
laboratorium
|
||||
3.1.5
|
Merencanakan jadwal
|
|||
perawatan dan
|
||||
perbaikan peralatan
|
||||
laboratorium
|
||||
3.2 Mengatur
|
3.2.1
|
Mencatat bahan,
|
||
penyimpanan
|
peralatan,
dan fasilitas
|
|||
bahan,
peralatan,
|
laboratorium
dengan
|
|||
perkakas, dan
suku
|
memanfaatkan
peralatan
|
|||
cadang
|
teknologi
informasi dan
|
|||
laboratorium
|
komunikasi
(TIK)
|
|||
sekolah/madrasah
|
3.2.2
|
Mengatur tata letak
|
||
bahan,
peralatan, dan
|
||||
fasilitas
laboratorium
|
||||
3.2.3 Mengatur tata letak
|
||||
bahan, suku
cadang,
|
||||
dan perkakas
untuk
|
||||
perawatan dan
|
||||
perbaikan
peralatan
|
||||
laboratorium
|
||||
4. Kompetensi
|
4.1 Menyiapkan
|
4.1.1
|
Menyiapkan petunjuk
|
|
Profesional
|
kegiatan
|
penggunaan
peralatan
|
||
laboratorium
|
laboratorium
|
|||
sekolah/madrasah
|
4.1.2
|
Menyiapkan paket
|
||
bahan dan
rangkaian
|
||||
peralatan
yang siap
|
||||
pakai untuk
kegiatan
|
||||
praktikum
|
||||
4.1.3
|
Menyiapkan penuntun
|
|||
kegiatan
praktikum
|
||||
.
|
||||
7
|
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
||||
KOMPETENSI
KHUSUS
|
||||
Teknisi Laboratorium IPA,
|
||||
Fisika,
Kimia, Biologi dan
|
||||
Program
Produktif SMK
|
||||
4.1.4
|
Membuat peralatan
|
|||
praktikum
sederhana
|
||||
4.1.5
|
Membuat paket
bahan
|
|||
siap pakai
untuk
|
||||
kegiatan
praktikum
|
||||
Teknisi
Laboratorium Bahasa
|
||||
4.1.6
|
Membuat rekaman audio
|
|||
visual dalam
berbagai
|
||||
media untuk
|
||||
kepentingan
|
||||
pembelajaran
|
||||
Teknisi
Laboratorium Komputer
|
||||
4.1.7
|
Memelihara kelancaran
|
|||
jaringan
komputer (LAN)
|
||||
4.1.8
|
Mengoperasikan
|
|||
program
aplikasi sesuai
|
||||
dengan
kebutuhan mata
|
||||
pelajaran
|
||||
4.2 Merawat peralatan
|
4.2.1
|
Mengidentifikasi
|
||
dan bahan di
|
kerusakan
peralatan dan
|
|||
laboratorium
|
bahan
laboratorium
|
|||
sekolah/madrasah
|
4.2.2
|
Memperbaiki kerusakan
|
||
peralatan
laboratorium
|
||||
4.3 Menjaga kesehatan
|
4.3.1
|
Menjaga kesehatan diri
|
||
dan
keselamatan
|
dan
lingkungan kerja
|
|||
kerja di
|
||||
4.3.2
|
Menggunakan peralatan
|
|||
laboratorium
|
kesehatan dan
|
|||
sekolah/madrasah
|
keselamatan
kerja di
|
|||
laboratorium
|
||||
4.3.3
|
Menangani bahan-bahan
|
|||
berbahaya dan
beracun
|
||||
sesuai dengan
prosedur
|
||||
yang berlaku
|
||||
8
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
||||
4.3.4
|
Menangani
limbah
|
|||
laboratorium
sesuai
|
||||
dengan
prosedur yang
|
||||
berlaku
|
||||
4.3.5
|
Memberikan pertolongan
|
|||
pertama pada
|
||||
kecelakaan
|
||||
3. Kompetensi Laboran Sekolah/Madrasah
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
||
KOMPETENSI
|
||||
1. Kompetensi
|
1.1
Menampilkan diri
|
1.1.1
|
Bertindak
secara
|
|
Kepribadian
|
sebagai pribadi
|
konsisten
sesuai dengan
|
||
yang dewasa,
|
norma agama,
hukum,
|
|||
mantap, dan
|
sosial, dan
budaya
|
|||
berakhlak
mulia
|
nasional
Indonesia
|
|||
1.1.2
|
Berperilaku arif
|
|||
1.1.3
|
Berperilaku jujur
|
|||
1.1.4
|
Menunjukkan
|
|||
kemandirian
|
||||
1.1.5
|
Menunjukkan rasa
|
|||
percaya diri
|
||||
1.1.6
|
Berupaya meningkatkan
|
|||
kemampuan
diri
|
||||
1.2 Menunjukkan
|
1.2.1
|
Berperilaku disiplin
|
||
komitmen
|
1.2.2
|
Beretos kerja yang tinggi
|
||
terhadap
tugas
|
||||
1.2.3
|
Bertanggung jawab
|
|||
terhadap
tugas
|
||||
1.2.4
|
Tekun, teliti, dan hati-hati
|
|||
dalam
melaksanakan
|
||||
tugas
|
||||
1.2.5
|
Kreatif dalam
|
|||
memecahkan
masalah
|
||||
yang
berkaitan dengan
|
||||
tugas
profesinya
|
||||
9
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
|||
KOMPETENSI
|
|||||
1.2.6.
Berorientasi pada kualitas
|
|||||
2. Kompetensi
|
2.1
|
Bekerja sama
|
2.1.1
|
Menyadari kekuatan dan
|
|
Sosial
|
dalam
|
kelemahan
diri
|
|||
pelaksanaan
|
2.1.2
|
Memiliki wawasan
|
|||
tugas
|
tentang pihak
lain yang
|
||||
dapat diajak
kerja sama
|
|||||
2.1.3
|
Bekerjasama dengan
|
||||
berbagai
pihak secara
|
|||||
efektif
|
|||||
2.2
|
Berkomunikasi
|
2.2.1
|
Berkomunikasi dengan
|
||
secara lisan
dan
|
berbagai
pihak secara
|
||||
tulisan
|
santun,
empatik, dan
|
||||
efektif
|
|||||
2.2.2
|
Memanfaatkan berbagai
|
||||
peralatan TIK
untuk
|
|||||
berkomunikasi
|
|||||
3. Kompetensi
|
3.1 Menginventarisasi
|
3.1.1
|
Mencatat bahan
|
||
Administratif
|
bahan
praktikum
|
laboratorium
|
|||
3.1.2
|
Mencatat penggunaan
|
||||
bahan
laboratorium
|
|||||
3.1.3
|
Melaporkan penggunaan
|
||||
bahan
laboratorium
|
|||||
3.2 Mencatat kegiatan
|
3.2.1
|
Mencatat kehadiran guru
|
|||
praktikum
|
dan peserta
didik
|
||||
3.2.2
|
Mencatat penggunaan
|
||||
alat
|
|||||
3.2.3
|
Mencatat penggunaan
|
||||
penuntun
praktikum
|
|||||
3.2.4
|
Mencatat
kerusakan alat
|
||||
3.2.5
|
Melaporkan keseluruhan
|
||||
kegiatan
praktikum
|
|||||
secara
periodik
|
|||||
4. Kompetensi
|
4.1 Merawat ruang
|
4.1.1
|
Menata ruang
|
||
Profesional
|
laboratorium
|
laboratorium
|
|||
sekolah/madrasah
|
4.1.2
|
Menjaga kebersihan
|
|||
ruangan
laboratorium
|
|||||
10
DIMENSI
|
KOMPETENSI
|
SUB-KOMPETENSI
|
||||
KOMPETENSI
|
||||||
4.1.3.
Mengamankan ruang
|
||||||
laboratorium
|
||||||
4.2 Mengelola bahan
|
4.2.1
|
Mengklasifikasikan bahan
|
||||
dan peralatan
|
dan peralatan
praktikum
|
|||||
laboratorium
|
4.2.2
|
Menata
|
bahan
|
dan
|
||
sekolah/madrasah
|
peralatan
praktikum
|
|||||
4.2.3
|
Mengidentifikasi
|
|||||
kerusakan
|
bahan,
|
|||||
peralatan,
|
dan fasilitas
|
|||||
laboratorium
|
||||||
4.2.4
|
Menjaga
|
kebersihan
alat
|
||||
laboratorium
|
||||||
4.2.5
|
Mengamankan bahan dan
|
|||||
peralatan
laboratorium
|
||||||
Khusus untuk
laboran biologi:
|
||||||
4.2.6
|
Merawat
|
tanaman
|
untuk
|
|||
kegiatan
praktikum
|
||||||
4.2.7
|
Memelihara hewan untuk
|
|||||
praktikum
|
||||||
4.3 Melayani kegiatan
|
4.3.1
|
Menyiapkan bahan sesuai
|
||||
praktikum
|
dengan
penuntun
|
|||||
praktikum
|
||||||
4.3.2
|
Menyiapkan peralatan
|
|||||
sesuai dengan
penuntun
|
||||||
praktikum
|
||||||
4.3.3
|
Melayani guru dan
|
|||||
peserta didik
dalam
|
||||||
pelaksanaan
praktikum
|
||||||
4.3.4
|
Menyiapkan kelengkapan
|
|||||
pendukung
praktikum
|
||||||
(lembar
kerja, lembar
|
||||||
rekam data,
dan lain-lain)
|
||||||
4.4 Menjaga
|
4.4.1
|
Menjaga kesehatan diri
|
||||
kesehatan dan
|
dan
lingkungan kerja
|
|||||
keselamatan kerja
|
4.4.2
|
Menggunakan peralatan
|
||||
di laboratorium
|
kesehatan dan
|
|||||
sekolah/madrasah
|
keselamatan
kerja di
|
|||||
laboratorium
|
||||||
11
Komentar
Posting Komentar